Ibu Mertua Anda Melewati Batas?

Anda mungkin saja kerap melakukan percakapan yang serius maupun lucu dengan ibu mertua Anda. Namun, jika setiap gerak gerik dan aturan dalam rumah tangga Anda ingin diatur mertua juga, apa yang Anda lakukan?

Dibawah ini ada beberapa saran yang dibagi oleh Idiva agar mertua tidak terlalu ikut campur namun juga tidak menyinggung perasaannya:

Situasi 1: Jika di saat makan siang yang sudah menjadi rutinitas keluarga, ibu mertua ingin mengatur menu yang ada bahkan sampai ke pemilihan alat-alat makan.

Anda lakukan: Kalau protes langsung sepertinya tidak sopan. jadi, katakan pada ibu mertua kalau pilihan hidangan sesuai dengan kesukaan seluruh anggota keluarga.

 

Situasi 2: Beberapa hari terakhir, Anda melihat ibu mertua Anda sering masuk kamar selagi Anda tidur. Padahal, Anda ingin istirahat setelah seharian sibuk kerja dan tidak ingin marah.

 

Anda lakukan: Ajak komunikasi ibu mertua Anda, tanya ada masalah apa sehingga dia tidak perlu masuk kamar Anda. Sebaiknya, masalah ini tidak perlu sampai diketahui suami Anda.

 

Situasi 3: Putri Anda akan melakukan studi tour dari sekolah. Tapi ibu mertua dengan tegas melarangnya dan meminta Anda menentang rencana tersebut. Dia selalu mengingatkan Anda menjadi orangtua yang tegas dalam mendidik anak.

Anda lakukan: Yakinkan ibu mertua Anda bahwa perjalanan itu tetap menunjang pendidikan anak Anda dan mereka juga didampingi para guru. Buat dia menyadari bahwa pengaruhnya baik dalam mendidik anak-anak Anda.

 

Situasi 4: Satu saat ketika pulang ke rumah, ibu mertua Anda sudah mengatur semuanya di rumah, rak buku, dapur hingga kamar Anda sendiri. Bahkan mengatur isi lemari Anda dan suami.

Anda lakukan: Kunci lemari pakaian Anda! ini adalah yang terbaik. Setidaknya menyadarkan ibu mertua Anda, ada yang bisa dia atur tapi ada hal-hal tertentu sudah di luar kewenangannya.

 

Situasi 5: Ibu mertua Anda orang yang suka bicara dan Anda harus bisa menghentikannya.

Anda lakukan: Ibu mertua Anda mungkin wanita yang terdidik, tapi bukan berarti itu membuatnya menjadi Ratu Elizabeth di keluarga. Untuk menghentikannya secara sopan, Anda bisa sedikit meninggikan volume sambil mengajak anggota keluarga yang lain makan. “Makan malam sudah siap”!
Semoga bermanfaat!

Berikan Tanggapan kamu yah ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s