Makanan Berserat Tinggi Cegah Kolesterol

Kolesterol dan darah tinggi dipicu terganggunya trigliserida yakni sejenis lemak di pembuluh darah. Sering mengonsumsi makanan dan buah berserat tinggi adalah cara ampuh mencegahnya.

Makanan dan buah berserat tinggi mampu mengikat lebih banyak lemak yang tak bisa dicerna usus lalu dibuang melalui kotoran, sehingga menyehatkan.

“Sayur misalnya, semuanya berserat tinggi. Untuk buah juga sama, namun terbaik adalah pepaya dan mangga. Untuk makanan, bisa dengan puding,” kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kalsel, dr Rudiansyah.

Trigliserida sebenarnya bungsinya untuk memperlancar proses pembentukan antibodi, sel-sel tubuh, hormonal, dan sebagainya. Namun fungsi trigliserida ini terganggu akibat sering mengonsumsi makanan dan minuman berlemak. Akibatnya, akan memicu kolesterol dan darah tinggi.

“Ini tergolong jenis lemak LDL (low density lipoprotein) kolesterol. Dia gampang mengendap di pembuluh darah, makanya disebut juga lemak jahat,” jelasnya.

Menurut Rudiansyah, kadar normal trigliserida dalam tubuh maksimal 150 mg/dl, bisa ditoleransi hingga 200 mg /dl. Lebih atau kurang dari itu, akan berbahaya.

Jika sudah terlanjur kena, maka pengobatannya bisa dengan rutin terapi obat dan perbanyak aktifitas tubuh seperti olahraga serta mengurangi memakan makanan berlemak.

Berikan Tanggapan kamu yah ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s