Ameland Island, Pulau yang Penuh Ketenangan

Bagi kalangan wisatawan, Ameland merupakan tempat favorit untuk dikunjungi ketika berkunjung ke daratan Belanda.

Ameland Island merupakan pulau kecil di Kepulauan Frisia yang terletak di lepas pantai utara Belanda. Berkunjung ke kawasan ini akan memberikan Anda ketenangan dan kenyamanan tersendiri.

Sebagian besar wilayah Ameland Island terdiri dari gunung pasir dengan luas daratan kurang lebih mencapai 60 kilometer persegi.

Menurut sejarah, wilayah Ameland dulunya merupakan tempat pelaut dan nelayan berlindung dari serangan badai. Lama kelamaan para nelayan ini kemudian menetap di Ameland Island.

Kawasan Ameland Island terbagai atas empat wilayah bagian yaitu Ballum, Buren, Hollum, dan Nes. Wilayah Hollum merupakan wilayah tertua dengan jumlah penduduk terbanyak, disusul Nes, tempat pelabuhan feri berada.

Nes merupakan wilayah yang paling ramai karena menjadi pusat bisnis dan sering dikunjungi turis untuk mendapatkan beragam suvenir. Sedangkan wilayah Ballum dan Buren merupakan wilayah pelabuhan udara Ameland.

Di Ameland, bangunan tua tetap dipertahankan dan dirawat dengan baik. Di Hollum misalnya, terdapat gereja yang didirikan pada awal abad ke-12, rumah-rumah kapten kapal yang dibangun pada abad ke-15, serta mercusuar yang dibangun pada abad ke-18. Selain itu mercusuar tua di Hollum yang masih terawat dengan baik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Pada bagian pesisir Pulau Ameland dikelilingi beberapa proses alamiah yang terpengaruh aktivitas laut yang mengitarinya. Pada saat pasang naik, Ameland akan terpisahkan dari Belanda daratan, tetapi pada saat surut terendah akan tersingkap dasar Laut Wadden yang menyatukan Pulau Ameland dengan Belanda daratan.

Berjalan kaki menyeberangi Laut Wadden pada saat sedang surut merupakan sesuatu yang menantang untuk dilakukan, Anda bisa berjalan dari Belanda daratan ke Ameland hanya sekitar sembilan kilometer. Di sini Anda bisa merasakan sensasi berjalan diantara lautan luas yang mensisakan Belanda daratan dan Ameland.

Ameland benar-benar menawarkan kedamaian dan ketenangan dan sungguh jauh dari hingar-bingar kendaraan. Di Ameland sangat jarang ditemui kendaraan bermotor berseliweran di jalan raya, meskipun tidak ada larangan bagi turis menggunakannya. Jumlah kendaraan di Ameland dapat dihitung dengan jari, bahkan pada saat-saat puncak.

Kebanyakan penduduk di sini menggunakan sepeda sebagai alat transportasi favorit. Di sini Anda pun bisa bersepeda menjelajah seantero pulau hanya dalam satu hari untuk melihat pemandangan Ameland.

Sebagai pelengkap kunjungan di pulau ini Anda bisa bersantai dipinggiran pantai Ameland sambil menikmati konser alam, mendengarkan suara angin laut yang berhembus, dipadu jeritan burung-burung laut. Lingkungan yang menyenangkan serta penduduknya yang ramah menambah kenyamanan berlibur.

Berikan Tanggapan kamu yah ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s