Olahraga Bisa Mempertajam Pikiran

 Olahraga membuat tubuh kita bugar, semua orang sudah tahu. Namun ternyata, olahraga teratur juga bisa mempertajam pikiran.

Penelitian dari University of South Carolina, menemukan bahwa dengan olahraga, treadmill misalnya, bisa memberikan doorngan untuk memperkuat sel-sel di otak.

Ketua tim penelitinya, Dr Mark Davis, mengatakan treadmill membantu meningkatkan energi otak untuk bekerja lebih cepat dan lebih efisien. “Bukti itu menumpuk cepat sehingga latihan membuat otak lebih muda,” katanya seperti dilansir dari dailymail, Sabtu, (3/3).

Dalam jangka pendek, berlari teratur selama 30 menit setiap hari, bisa mengurangi kelelahan mental dan mempertajam pemikiran anda di antara sesi olahraga. Bahkan, bisa menyembuhkan penyakit otak seperti Alzheimer.

Kesimpulan ini didapat, dari penelitian yang dilakukan pada sekelompok tikus. Setengah dari tikus tersebut, diatur untuk berlari pada treadmill kecil selama setengah jam sehari, sementara separuh lainnya dibiarkan tanpa olahraga di kandang mereka.

Dr Davis mengatakan meskipun merupakan penelitian hewan, itu wajar untuk menganggap proses yang sama terjadi dalam otak manusia. Penelitian ini juga telah diterbitkan dalam The Journal of Applied Physiology.

Iklan

Berikan Tanggapan kamu yah ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s