Semua Bisa Buat Es Krim Jamu

Demi mensosialisasikan jamu ke masyarakat, Retno Widawati dari Komunitas Honocoroko tidak berniat untuk mematenkan produk es krim jamu hasil kreasinya. Mbak Retno  membuka kebebasan bagi siapa saja yang ingin membuka usaha produk es krim jamu.

“Es krim jamu ini mudah dibuat dan tidak memerlukan peralatan berat untuk memproduksinya. Saya membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin membuka usaha produk es krim jamu. Siapa saja boleh dan tanpa dipungut bayaran,” kata Retno yang juga sebagai terapi alternatif.

Salah satu yang mengembangkan es krim jamu ini adalah Kardi Sriyanti-akrab disapa Ibu Kardi-yang sudah berpengalaman sebagai tukang jamu gendong selama 40 tahun.

Setelah diajarkan cara membuat es krim jamu, Kardi memberanikan diri memasarkan es krim jamu dengan rasa beras kencur dan kunyit asam.

Untuk membuat es krim jamu, selain diperlukan bahan utama jamu beras kencur dan kunyit asam, cukup menambahkan tepung sagu singkong atau bisa juga menggunakan tepung hunkwe yang kemudian dimasak hingga menjadi bubur kental.

Untuk satu termos kecil ukuran kurang lebih 1 liter, perbandingannya dengan dua setengah botol jamu beras kencur maka tepungnya hanya satu sendok makan. Setelah tercampur, cairan dimasukkan ke dalam termos es dan siap untuk dikocok.

Di sekeliling termos diletakkan es batu dan garam untuk membekukan adonan. Selama kurang lebih 30 menit termos es diputar-putar hingga es batu disekelilingnya mencair. Kemudian cairan jamu tadi menjadi butiran halus seperti es puter.

“Alhamdulillah banyak orang yang suka. Meski yang sedang flu minum es beras kencur ini jadi tidak sakit. Malah badannya menjadi hangat,” kata Ibu Kardi tersenyum.

Saya sendiri ketika pertama kali merasakan langsung ketagihan. Warna es krim yang agak kecokelatan memiliki sensasi rasa yang berbeda. Rasa beras kencurnya masih terasa dan benar?benar membuat badan menjadi hangat.

Menurut Ibu Kardi, dirinya juga pernah mencoba dengan kunyit asam. Dengan cara pembuatan yang sama. Jadilah es krim kunyit asam yang juga tak kalah enaknya.

Dengan keunikan rasa dari beras kencur dan kunyit asam memang membuat es krim ini menjadi istimewa. Selama ini bisa jadi orang sudah bosan dengan rasa es yang itu?itu saja: cokelat, alpukat, vanila.

Sayangnya es krim beras kencur ini belum dipasarkan dengan kemasan yang kecil. Kardi hanya membuatnya berdasarkan pesanan, misalkan untuk pesta pernikahan, acara arisan dengan kemasan termos yang besar untuk 300-400 orang. Dijual dengan harga Rp 750.000 per termos.

“Ke depannya kami ingin juga membuat dalam kemasan kecil. Biar banyak orang yang bisa mencicipinya,” kata Ibu Kardi.

Berikan Tanggapan kamu yah ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s