Kiat Cari Transportasi di Daerah Terpencil

Satu tantangan terbesar ketika berjalan-jalan di daerah terpencil, terutama di Indonesia yang negara kepulauan, adalah menemukan transportasi. Kondisi alam, cuaca, serta letak geografis membuat transportasi tidak menentu — baik dari segi jadwal maupun moda.

Salah satu ketakutan pelancong: tidak mendapatkan transportasi ke tempat tujuan.

Bagaimana cara menyiasatinya, simak kiat-kiat berikut ini:

Mendekati orang lokal

Makin terpencil letak tempat wisata tujuan Anda, makin penting membina hubungan baik dengan penduduk setempat. Tunjukkan keramah-tamahan dan sesuaikan tingkah laku. Jika sudah merasa diterima dengan baik, Anda bisa mulai mengutarakan pokok permasalahan. Jelaskan bahwa Anda ingin menjelajahi daerah-daerah sekitar dan tanyakan bagaimana cara agar Anda dapat mencapai tujuan. Bila sudah menemukan orang yang bisa mengakomodasi tujuan Anda, langsung negosiasikan harga dan cara pembayaran.

Mencari peluang

Di daerah dengan kondisi prasarana terbatas dan moda transportasi yang tidak menentu, Anda harus bermental baja, sedikit nekat, dan berani malu karena harus menjajaki berbagai macam kemungkinan. Misalnya, tujuan Anda adalah kepulauan terpencil yang tidak disinggahi kapal atau feri regular. Anda harus mau bersusah payah mencari tumpangan atau mengumpulkan orang yang akan pergi ke jurusan yang sama, kemudian bersama-sama menyewa kapal.

Coba-coba

Ada kalanya menemukan transportasi di daerah terpencil benar-benar berdasarkan pada faktor keberuntungan. Oleh karena itu, Anda harus rajin mencoba-coba berbagai cara dengan menaiki moda apa pun, meski tidak langsung sampai titik tujuan akhir. Yang penting kendaraan itu arahnya sama dengan tujuan Anda.

Misalnya Anda sedang berada di Sorong dan ingin ke Wayag dengan cara murah padahal tidak ada transportasi umum. Maka gunakan transportasi umum  ke titik terdekat dari Wayag dan dari sana Anda bisa mencari peluang lain. Bisa jadi di sana Anda menemukan tumpangan atau orang lain yang bisa diajak menyewa kapal bersama. Kalau ternyata kemudian terhenti di tempat tersebut, paling tidak Anda bisa menjelajahi area setempat.

Sumber-sumber lain

Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa kelurahan hanyalah tempat membuat KTP dan pos polisi tempat melaporkan kemalingan. Sebenarnya, instansi seperti itu dapat berfungsi lebih terutama di daerah terpencil karena setidaknya mereka memiliki fasilitas standar untuk kepentingan mobilitas mereka. Saat terdesak, Anda bisa mendatangi salah satu kantor, memaparkan masalah dan berdoa semoga diberi jalan keluar. Saya pernah terpaksa menyewa mobil sebuah instansi karena tidak ada alternatif lain. Sekali lagi, kuncinya adalah kemampuan hubungan interpersonal dan negosiasi.

Waktu dan uang

Mengingat tingginya tingkat kesulitan menemukan alat transportasi, faktor-faktor lain yang perlu disiapkan adalah waktu dan uang. Waktu luang yang panjang sudah pasti wajib hukumnya jika Anda menjelajahi daerah terpencil. Bisa jadi jarak yang seharusnya dapat ditempuh dalam lima jam, molor jadi sepuluh jam karena Anda harus berputar-putar.

Biaya di daerah terpencil tentunya melonjak berkali lipat karena selain prasarana yang tidak memadai, penduduk yang masuk dan keluar daerah tersebut juga jarang. Biaya ini tidak hanya mencakup biaya transportasi, tapi juga akomodasi dan harga makanan.

Berikan Tanggapan kamu yah ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s