Jangan Gampang Percaya dengan Iklan Kosmetik, Ini Buktinya !

Cermati kedua foto artis Rachel Weisz. Tentu, Anda dapat melihat perbedaan keduanya. Foto sebelah kiri, wajah Rachel terlihat kinclong, mulus, dan bersih. Sedangkan di sebelah kanan, wajah Rachel tampak terlalu mulus, bahkan tampak sekilas adanya noda plus kerutan di sana sini.

Agar lebih jelas, foto sebelah kiri adalah foto Rachel ketika menjadi bintang iklan L’Oreal. Sedangkan foto kanan adalah wajah asli Rachel.

Nah, buntut dari iklan itu otoritas periklanan AS (ASA) mengumumkan telah melarang iklan majalah produk L’Oreal’s Revitalift Repair 10. Mereka menganggap gambar yang ditampilkan itu ”sangat berlebihan dan menyesatkan.”
Keputusan ini disambut baik oleh anggota parlemen Jo Swinson yang berkampanye menentang penggunaan teknologi airbrush dan imej tidak sesuai realita dalam iklan kecantikan.

Hal serupa juga sempat dialami oleh iklan Olay yang mempromosikan produk antipenuaan dini yang menampilkan Twiggy pada 2009. Bahkan, pada tahun lalu, iklan Loreal dengan model Julia Roberts dan Christy Turlington juga dilarang muncul dengan alasan serupa: menyesatkan. ”Industri dan iklan kecantikan seharusnya berhenti mencekoki konsumen dengan gambar-gambar bohong,” ujar Swinson.

Pihak L’Oreal sendiri membantah telah melakukan manipulasi gambar. Mereka mengatakan, Rachel Weisz menjalani pemotretan secara profesional. Foto itu dibuat dengan banyak cahaya agar gambar yang dihasilkan lebih sempurna dan mengurangi cacat. Caranya dengan menggunakan fokus dan resolusi yang lebih rendah.

Namun, ASA menampik alasan itu. ”Kami melihat gambar itu sudah diubah sehingga noda wajah terlihat lebih halus dan mulus.”

Berikan Tanggapan kamu yah ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s