Perawatan Kulit dan Rambut Usai Berenang

Berenang merupakan olahraga yang menyenangkan. Tapi di balik itu, berenang juga menyimpan bahaya untuk kesehatan kulit kepala dan rambut sebab ada efek tersendiri. Menurut peneliti dari Columbia University, kandungan klorin pada kolam renang bisa mengurangi minyak alami rambut yang dapat menyebabkan kerusakan kutikula rambut.

Begitu juga dengan berenang di pantai. Air laut yang tinggi kandungan garam dapat mengurangi kelembapan rambut sehingga membuat rambut kering dan rapuh. Tapi bukan berarti Anda lalu pantang berenang. Dengan penanganan yang tepat Anda tetap bisa mendapatkan manfaat berenang tanpa merusak rambut.

Lindungi rambut 
Klorin dalam air kolam renang bisa membuat rambut rusak dan kering. Lindungi rambut agar terhindari dari efek buruk klorin. Gunakan topi renang untuk melindungi rambut dari kontak dengan bahan kimia berbahaya yang ada di dalam kolam renang.

Gunakan pelembap
Jika memutuskan berenang tanpa topi, oleskan pelembap rambut atau minyak zaitun untuk melindungi rambut dari kandungan berbahaya air kolam renang. Pelembap yang menyelimuti rambut dapat membantu menghalangi kontak langsung rambut dengan zat kimia di kolam renang atau kandungan garam yang tinggi di air laut.

Basahi dan bilas rambut
Basahi rambut sebelum masuk ke kolam renang. Rambut yang kering akan lebih mudah menyerap bahan kimia saat masuk ke dalam air. Rambut yang basah bisa membantu mengurangi penyerapan klorin atau air garam jika berenang di laut. Begitu selesai berenang langsung bilas rambut dengan air bersih. Jangan tunda kegiatan ini agar rambut tak terpapar bahan kimia lebih lama.

Bersihkan rambut 
Jika memungkinkan, cuci rambut dengan air hangat selama kurang lebih 5 menit untuk menghilangkan zat kimia yang menempel saat berenang. Gunakan shampo dan pelembap untuk mencegah rambut dari kekeringan. Bagi yang sering berenang gunakan shampo khusus untuk perenang yang mengandung serum dan bahan pelembap untuk melindungi rambut dari kerusakan.

Keringkan alami 
Keringkan rambut dengan handuk secara lembut dan biarkan mengering secara alami. Jika akan menggunakan hairdryer, pilih hairdryer yang menyediakan fitur angin dingin. Penggunaan angin yang panas pada hairdryer akan membuat rambut semakin kering.

Perawatan tambahan 
Gunakan kondisioner untuk membuat rambut lembap dan kuat. Selain bisa membuat rambut lebih sehat, kondisioner juga bisa membantu rambut terlihat lebih rapi seharian. Untuk Anda yang termasuk sering berenang, gunakan perawatan rambut atau kunjungi salon secara teratur untuk perawatan creambath atau hair spa.

Berikan Tanggapan kamu yah ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s