Daun Berbumbu yang Meroket

Hanya sedikit dedaunan yang dapat begitu populer belakangan ini. Daun rocket, misalnya, meskipun sudah dikonsumsi semenjak zaman Romawi Kuno, baru “naik daun” sekitar satu dekade belakangan ini.
Bagaimana daun ini membutuhkan satu perjalanan yang sangat panjang untuk mendapatkan pengakuan adalah misteri. Mungkin dapat disimpulkan hal itu terjadi sebagai akibat dari kebangkitan gastronomi (tata boga) di seluruh dunia.
Daun hijau tua yang bentuknya panjang dan berkurva mirip daun dandelion ini memiliki citra rasa yang tajam dan pedas ala lada. Oleh karena kualitas itu, rocket ada di dalam salad, di tas pizza, di dalam daging ayam sebagai bahan isi (stuffing), atau dalam side dishuntuk masakan daging merah.
“Karena rasanya yang mirip merica dan sedikit pahit, daun ini menyeimbangkan banyak rasa dalam masakan Italia. Juga sebagai campuran dalam daging tuna atau salmon mentah,” jelas Executive Chef Philip Davenport dari Kudeta, Bali.
Jika rocket dapat disebut agen penyeimbang rasa, maka ia pun dapat disebut sebagai agen rahasia karena memiliki banyak alias, antara lain roquetta, rucola, atau arugula. Mungkin karena kualitas rasanya yang tajam dan berbeda dari dedaunan lainnya membuat orang menamakannya rocket karena meroket di lidah?
Menurut Chef Davenport, Arugula bagus untuk salad karena akan memberikan rasa di antara dedaunan yang rasanya cemplang. “Anda juga dapat menggunakannya sebagai puree, sebagai sayur untuk melengkapi hidangan daging buruan seperti daging rusa (venison),” kata Chef Davenport.
Baik di Bali maupun di belahan bumi yang lain, tampaknya rocket akan mengalami masa jaya yang panjang, sepanjang kiprahnya membumbui banyak masakan sejak zaman Romawi Kuno.
Situs Health,com membukakan satu fakta tentang rocket bahwa kandungan mineral dan antioksidan dalam daun ini dapat memblokade zat-zat kontaminan yang memengaruhi libido. Dalam kata lain, daun ini dapat meroketkan performa Anda!

Berikan Tanggapan kamu yah ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s