Kereta Gantung Beroperasi di Bandung 2013

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana membangun sebuah transportasi massal berupa kereta gantung (cable car). Dijadwalkan tahun 2013 moda transportasi massal itu bisa dioperasikan.

Pengembang proyek cable car, PT Aditya Dharmaputra, meyakini moda transportasi massal ini akan mengurangi kemacetan kota Bandung yang mencapai puncaknya pada akhir pekan.

Proyek ini sudah diresmikan Wali Kota Bandung H Dada Rosada, di lokasi bakal Stasun Pasteur BSB jalan Djundjunan Kota Bandung, Selasa (12/06).

“Jumlah kendaraan yang masuk ke Bandung tidak lagi bisa diimbangi dengan pengembangan jalan raya, sehingga kereta gantung akan menjadi solusi ke depan bagi Bandung sekaligus menjadi sarana wisata,” kata Dada Rosada.

Rencananya cable car itu akan dibangun dari Pasteur ke kawasan Jembatan Pasopati dan ke Pasar Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Infrastruktur cable car tersebut akan melintasi jalur Lembang – Bandung menyusuri alur Sungai Cikapundung hingga ke jantung Kota Bandung.

Dalam tahap pembangunan kereta gantung tersebut Pemkot Bandung akan bekerjasama dengan perusahaan Swiss yang memiliki pengalaman pembangunan moda transportasi sejenis.

Menurut Presiden Direktur PT Aditya Dharmaputra Persada, Sanjaya Aditya, pembangunan proyek kereta gantung ke depan akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kota Bandung.

“Bila hal ini terealisasi, kereta gantung yang akan dibangun di Bandung ini akan menjadi yang pertama digunakan sebagai angkutan massal di Asia Tenggara,” ungkap Sanjaya.

Berikan Tanggapan kamu yah ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s