Sampanye Berusia 200 tahun Dilelang

Sebelas botol sampanye yang berusia 200 tahun yang berhasil diselamatkan dari kapal karam dari Laut Baltik akan dilelang Jumat (8/6) sore di Finlandia.
Botol-botol ini diketemukan pada Juli 2010, setelah sebuah botol dari Veuve Clicquot yang berasal dari kapal yang sama laku senilai US$37.400 atau sekitar Rp330 juta dalam sebuah lelang tahun lalu.
Disebutkan bahwa Pemerintah Provinsi Otonom Finlandia dari Aaland berharap nilai lelang kali ini membuat rekor baru.
“Penemuan botol-botol sampanye ini mendorong pemerintah mengadakan lelang baru seperti tahun lalu. Tahun lalu, penjualan menembus harga US$37.400,” ujar Rainer Juslin, seorang pejabat pemerintah Provinsi Aaland kepada nydailynews (7/6).
11 botol tersebut merupakan bagian dari eksplorasi terhadap kapal karam yang kandas antara tahun 1825 – 1830.
Menurut Pemerintah Provinsi Aaland, sebanyak 145 botol sampanye diketemukan yang berasal dari rumah-rumah sampanye terkemuka seperti Veuve Clicquot, Heidsieck & Co dan Juglar. Dan yang berhasil diselamatkan adalah 11 botol tersebut. Enam botol Juglar, empat botol Veuve Clicquot dan satu botol Heidsieck & Co.
Champagne ahli Richard Juhlin, yang mencicipi dan membantu untuk mengidentifikasi botol-botol tersebut telah membuktikan kualitas tinggi sampanye tersebut yang telah diawetkan berkat kondisi ideal di dasar Laut Baltik.
Pemerintah Provinsi Aaland menunjuk salah satu rumah lelang terkemuka di Prancis, Artcurial, untuk mengatur lelang, yang akan berlangsung di Pusat Kongres dan Budaya di Mariehamn Jumat pukul tiga sore waktu setempat.
Keuntungan yang dihasilkan oleh lelang akan disumbangkan ke berbagai badan amal.

Iklan

Berikan Tanggapan kamu yah ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s