Hati-Hati, Pneumonia Mengintai Kita!

Jika ada saudara atau keluarga yang mengalami batuk, demam, disertai sesak nafas, patut dicurigai. Kondisi seperti itu, ditengarai terdapat infeksi di jaringan paru. dr. Agus Dwi Susanto, SpP dari RS Persahabatan memaparkan hal tersebut, Kamis (28/6/2012), Jakarta.

“Pokoknya jika clue-nya batuk, demam, dan sesak nafas, segera bawa ke dokter. Karena itu gejala dari pneumonia,” tutur Agus.

Menurut Agus, pneumonia merupakan radang atau infeksi paru-paru di jaringan paru-paru yang disebabkan oleh kuman, kuman tersebut dapat berupa bakteri, virus, jamur, bersifat mikroorganisme.

Infeksi terjadi jika kuman yang masuk melalui udara, akan masuk ke saluran nafas, lalu ke paru-paru, kemudian menimbulkan peradangan.

Jaringan yang telah terinfeksi, bukan tidak mungkin akan meluas, dan oksigen yang masuk melalui paru berkurang. Bahkan pneumonia dapat menyerang anak-anak.

“Pasien yang meninggal karena pnemonia yang paling sering adalah kegagalan nafas. Karena oksigen yang masuk ke paru lalu darah tidak terjadi proses itu, atau infeksi yang menyebar,” lanjutnya.

Karena penyakit ini menular, masih menurut Agus, sebaiknya lakukan pencegahan sedini mungkin. Seperti pencegahan dari diri sendiri dan lingkungan.

Pencegahan dari diri sendiri dapat dilakukan dengan menjaga sistem kekebalan tubuh agar baik, dengan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup. Sedangkan dari lingkungan, jaga kebersihan sekitar rumah atau tempat bekerja.

“Dari sisi lingkungan dapat dilakukan dengan menjaga udara bersih, polusi dikurangi, tetapi itu harus dilakukan secara bersama-sama supaya lingkungan tidak ada polusi,” jelasnya.

Kesehatan
  • Cegah Masuknya Debu, Ganti Masker Setiap Hari
  • Bayi Batuk Pilek? Jangan Buru-buru Bawa ke Dokter
  • Sebaiknya Minum Susu Pada Malam Hari
  • Kalau Orangtua ‘Berbakat’ Jerawatan, Anaknya Sama Aja
  • Stres Picu Stroke Pada Remaja
Iklan

Berikan Tanggapan kamu yah ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s