Tiap Tahun Indonesia Kekurangan 1,3 Juta Kantung Darah

Saat ini pasokan darah di negara kita masih mengalami masa krisis. Tahun 2010 misalnya, kebutuhan darah di Indonesia mencapai 4,4 juta kantung per tahun, sedangkan darah yang berhasil terkumpul dari  pendonor hanya 3,1 juta kantung.

Kesenjangan yang terjadi ini jika dibiarkan tentu akan  menimbulkan  masalah yang signifikan dalam upaya pemeliharaan kesehatan masyarakat Indonesia.

“Dari total jumlah persediaan yang ada, donor sukarela kira-kira menyumbangkan sebesar 83 persen,” kata dr. Linda Lukitari Waseso, anggota Pengurus Pusat PMI Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sosial, RS dan Unit Donor Darah saat Kampanye `Nexcare T Give’ Galang Semangat Berbagi Kebaikan di PMI Pusat Jakarta, Selasa (26/6/2012).

Dikatakannya, jumlah donor sukarela harus diupayakan agar mencapai jumlah yang jauh lebih besar lagi, sehingga kondisi darurat yang membutuhkan donor pengganti dapat diminimalisir.

“Selain donor sukarela, ada yang disebut sebagai donor pengganti, yaitu mereka yang mendonor saat anggota keluarganya mengalami kesulitan,” paparnya.

Sejak tahun 2004, World Health Organization (WHO) menetapkan Hari Donor Darah Sedunia sekaligus  mendorong promosi donor darah sukarela di seluruh dunia.

Diharapkan generasi baru pendonor darah akan mengikuti teladan mereka, sehingga mampu menyediakan pasokan darah yang aman digunakan dimanapun dan kapanpun dibutuhkan untuk menyelamatkan nyawa.

“Mendonorkan darah adalah kegiatan kemanusiaan yang tak berbatas, bisa dilakukan lintas generasi, jenis kelamin, maupun status sosial, etnis, dan agama. Siapapun dapat berbagi kebaikan kepada mereka yang membutuhkan dengan mendonorkan darahnya,” paparnya.

Iklan

Berikan Tanggapan kamu yah ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s