Minim Polusi, Hongkong Paling Layak Dihuni

Baru-baru ini lembaga riset global Economist Intelligence Unit (EIU) mengeluarkan daftar peringkat kota-kota di dunia yang paling layak dihuni.

Dalam daftar tersebut Hongkong menempati urutan pertama.

“Kota ini mempunyai ruang hijau yang begitu banyak, selain itu kota Hongkong memiliki tingkat penghidupan yang layak,” jelas Editor EIU Jon Copestake, seperti dilansir smh, Jum’at (6/07).

Koneksi transportasi antar kota di Hongkong sangat memadai, sehingga tingkat polusi yang ada di kota Hongkong begitu minim.

“Dengan minimnya polutan yang ada, kota tersebut akan sangat nyaman untuk ditinggali,” tambahnya.

Selain Hongkong, kota di dunia lainnya yang masuk dalam daftar kota layak huni adalah kota Amsterdam yang menduduki peringkat kedua, disusul oleh kota Osaka, Paris, Sydney di peringkat ketiga, empat dan lima.

Sementara itu, untuk peringkat keenam diduduki oleh Stockholm, kemudian Berlin diposisi ke tujuh, Toronto di posisi delapan, Munich diposisi sembilan, dan Tokyo berada di peringkat sepuluh.

Dari 140 negara yang dilibatkan, EUI menilai Kota Iran, Teheran, menjadi kota yang paling tidak layak ditinggali, selain  kota-kota di Afrika, Nairobi, dan Lusaka juga masuk dalam kategori kota tak layak huni.

EUI menilai bahwa, selain tingkat polusi, sarana transportasi, dan ruang terbuka hijau, kepadatan penduduk juga menjadi faktor penentu layak tidaknya kota tersebut untuk dihuni.

Berikan Tanggapan kamu yah ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s