Jantung Anak Terancam Akibat Obesitas

Kebanyakan orangtua menginginkan anaknya gemuk. Anak gemuk sering kali dianggap lebih menggemaskan dan sehat. Sayangnya, anggapan ini salah.

Kegemukan atau obesitas malah mengancam kesehatan jantung anak. Peneliti di VU University Medical Centres, Amsterdam, memperingatkan adanya sinyal awal dari penyakit jantung pada hampir dua pertiga anak-anak yang sangat gemuk.

“Sekitar 62 persen anak-anak sangat gemuk di bawah usia 12 tahun sudah memiliki satu atau lebih faktor kardiovaskular,” ungkap peneliti dilansir melalui BBCNews (26/7).

Temuan yang dalam Archives of Disease in Childhood Journal ini juga menemukan lebih dari 50 persen diantaranya dilaporkan memiliki tekanan darah tinggi tetapi rendah tingkat kolesterol baik dan tinggi tingkat gula darah, yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

“Ini menjadi perhatian besar di mana amat banyak anak obesitas yang diidentifikasi telah memiliki satu faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, glukosa tinggi dan masalah dengan kadar kolesterol,” tambah Doireann Maddock, seorang perawat jantung senior di British Heart Foundation.

Para orang tua diharapkan lebih perhatian terhadap pentingnya makanan sehat dan aktivitas fisik sedini mungkin yang akan sangat membantu melindungi kesehatan jantung di generasi mendatang.

Iklan

Berikan Tanggapan kamu yah ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s