Pisang Ijo, Makanan Favorit Berbuka di Makassar

Setiap daerah, memiliki menu khas saat berbuka puasa, begitu juga dengan Makassar, Sulawesi Selatan. Seperti umat Islam di daerah lainnya, di Makassar pun umat Islam biasanya senang berburu menu buka puas, salah satunya Pisang Ijo.

Pilihan Pisang Ijo, karena rasanya yang manis dan gurih. Disebut Pisang Ijo karena Pisang yang menjadi bahan utamanya dibalut dengan adonan berwarna hijau.

Cara membuatnya sederhana saja. Bahan yang digunakan juga tidak terlalu rumit. Cukup dengan gula, tepung beras, santan kelapa, daun pandan serta pisang raja yang telah dikukus.

Pembuatan Pisang Ijo dimulai dengan membuat adonan pembungkus pisang yang berwarna hijau. Warna hijau diperoleh dari daun pandan. Pembuatan adonan Pisang dimulai dengan mencampurkan daun pandan dengan santan kelapa yang telah dididihkan untuk kemudian dihaluskan dengan menggunakan blender.

Hasilnya akan disaring untuk diambil airnya. Air hasil penyaringan, kemudian dimasukkan secara perlahan ke dalam campuran tepung beras dengan gula hingga membentuk adonan. Hasil adonan, kemudian dikukus, hingga padat. Hasil adonan inilah yang digunakan untuk membungkus pisang.

Setelah pembungkus pisang selesai, langkah selanjutnya adalah membuat saus Pisang Ijo. Saus Pisang Ijo dibuat dari campuran tepung gula dan sedikit garam. Hasil campuran, kemudian dituangkan ke dalam santan kelapa yang telah dipanaskan sebelumnya. Hasil campuran ini dimasak sampai mendidih hingga menjadi saus Pisang Ijo.

Makanan ini bisa disajikan hangat maupun dingin. Agar lebih enak bisa ditambah sirup dan es serut, pasti rasanya lebih enak.

Iklan

Berikan Tanggapan kamu yah ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s